Cara Menuju Mekko

Yang penasaran ingin berkunjung ke Mekko hanya untuk melihat pulau pasir saja dan diantarkan oleh warga lokal di dusun 3 desa Pledo dengan membayar sewa kapal sebesar Rp 15.000-20.000/ orang.

Wisatawan yang menggunakan kapal wisata datang ke Mekko dan perairannya akan mengalami puncaknya di bulan Agustus setiap tahunnya, dikarenakan cuaca baik atau laut teduh, sedangkan wisatwan domestik akan mengalami puncaknya saat ada hari raya keagamaan dan juga libur panjang nasional.

Jalur masuk Wisatawan

1. Bandara

Bandara Udara Gewayantana

Pintu masuk utama menuju kawasan Dusun Mekko dan sekitarnya melalui pintu utama bandara melalui jalur udara yaitu pulau Flores. Akses masuk utama dari luar Kabupaten Flores Timur yaitu melalui bandara Udara Gewayantana yang berada di Kecamatan Ile Mandiri dan juga bandara Frans Seda di Kabupaten Sikka Kota Maumere. Maskapai yang melayani rute menuju Kabupaten Flores Timur yaitu Wings Air dan Nam Air, sedangan yang memalui bandara Frans Seda ada tiga maskapai yaitu Garuda Indonesia, Wings Air dan Nam Air. Maskapai ini bertolak dari Kupang ke Larantuka sedangkan yang bertolak ke Maumere ada juga yang dari Denpasar Bali. Waktu tempuh peenrbangan dari Kota Kupang menuju Kabuapten Flores Timur yaitu 45 menit. Begitu juga jika ke Sikka dari Kupang  memerlukan waktu 45 menit sedangkan dari Bali memerlukan waktu lebih lama yaitu 1.40 menit. Jika memeilih rute dari Bali maka dilanjutkan dengan perjalanan darat ke larantuka sekita 4-5 jam perjalanan darat dengan Mobil atau sepeda motor. Jadwal penerbangan tersedia pada setiap hari.

2. Jalur Darat – Pelabuhan Rakyat

Pelabuhan rakyat Tanah Merah

Pelabuhan Rakyat Tanah Merah

Flores Timur memiliki bandar udara yang menghubungkan Kabupaten ini dengan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari bandar udara Gewayantana wisatawan bisa langsung menuju Mekko dengan menggunakan jalur darat atau bisa menggunakan jalur laut melalui kapal fery dari kupang. Akses lainnya adalah jalur darat dari Kabupaten Sikka menuju Larantuka dengan menggunakan mobil dan sepeda motor. Menuju mekko wisatawan bisa menyebrang melalui pelabuhan rakyat di Tanah Merah dan Tobilota. Setelah dari tobilota wisatawan bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil menuju mekko. Kondisi jalan terbilang mulus di pulau adonarra hanya kurang dari 5 Km saja pada saat masuk di desa Pledo jalan sudah mulai rusak dan masih beton dan tanah liat.

3. Jalur Laut

Selain jalur darat dan Udara wisatawan juga bisa menggunakan Jalur Laut, biasanya jalur laut ini dipakai oleh para wisatawan asing yang menggunakan jasa kapal wisata, baik kapal wisata phinisi maupun kapal pesiar. Jalur laut serta lokasi berlabuh kapal dan wisatawan bisa dilihat dalam peta partisipatif dibawah ini. Kapal wisata biasanya akan mengalami puncak kunjungan di bulan Agustus sedangkan kapal wisata tidak ada sama sekali mulai bulan januari-maret karena cuaca buruk.

     A. Pelabuhan Fery

Pintu masuk menuju Kabupaten Flores Timur selain menggunakan jalur udara terdapat jalur laut menggunakan kala Ferry yang bertolak dari pelabuhan di Kota Kupang. Jalur laut kota kupang – kabupaten Flores Timur yaitu dari pelabuhan Tenau menuju pelabuhan Larantuka. Jalur laut ini mempunyai jadwal keberangkatan pada hari minggu, selasa dan kamis pada jam 12.00 wita setiap minggunya dengan waktu tempuh kurang lebih 16 jam perjalanan laut. Sedangkan rute sebaliknya dari Larantuka – kupang mempunyai jadwal pada hari senin, jum’at dan sabtu setiap minggunya dengan waktu keberangkatan pukul 12.00 wita dengan waktu tempuh kurang lebih 16 jam perjalanan laut dengan harga tiket Rp. 80.000/orang.

   B. Pelabuhan Larantuka

Secara umum untuk menuju Dusun Mekko, Desa Pledo dari Kota Larantuka yaitu
menggunakan jalur laut melalui pelabuhan Larantuka. Pelabuhan Larantuka melayani
penyebrangan ke Pulau Adonara pada setiap hari dari pukul 06.00 pagi hingga pukul
09.00 Wita atau bisa menggunakan bus laut dari Larantuka menuju pelabuhan